Selasa, 16 Desember 2008

ketika dua sudut pandang bertemu

Posting-an gue kali ini bakal ngebahas ttg yang namanya menikah !!

Weww. Gue sdh menduga pasti ada dua respon yg berbeda, antara uuu so sweeettt sampe yg uuuu so sweaaatt (capeee deehh, *kalo cape kan biasanya berkeringat ya?!* hahahaha. Bisaaaa aja!). Yap, di slh satu phenomenon inilah kita akan bertemu dgn dua sudut pandang. Ada sudut pandang yg bilang kalo ngapain sii buru-buru nikah, mending juga sekolah yg bener, cari kerja yg oke, kalo udh mapan kan enak.. Tapi ada juga yg bilang, sooner better! Menikah kan ibadah yg menggenapkan separuh agama jadi knp gag disiapkan dr awal aja?? Yaa setiap sudut pandang ini kalo lagi gontok-gontokan pendapat gag akan beres sampe kiamat selesai dehh.. (wua, achii mulai lebaaayyy). Kenapa? Karena buat gue setiap sudut pandang pny kekuatan pendapat yg sama kuat. (yaaa pada dasarnya sii setiap org yg pny sudut pandang berbeda emg ga mau slg ngalah aja, hehe..). Sedikit gue akan bahas ttg perbedaan-perbedaan sudut pandang ini. Tapi yaa maaf kalo rada berat sebelah karena gue termasuk org yg menganut sudut pandang sooner better, hehehe..

Gue bersahabat dgn 5 org yg pny sudut pandang menikah yg beda banget ama gue (heuh! Satu org nemenin gue knp! Gue jgn sendiri bgt dong!hehe, mana mau lu nemenin guaa..). Menurut pendapat sang sahabat yg merencanakan menikah setelah menjadi spesialis, beliau berpendapat bahwa sekolah adalah hal penting yg bisa terganggu oleh proses pernikahan di tengah perjalanannya, apalagi kita kan cewe, harus bener–bener ahli deh kalo emg mau nikah pas belum selesai sekolah. Gue sii ogah, kata beliau… Secara nanti kita akan menjadi seorang istri dan ibu yg otomatis menambah list tanggung jawab kita. Itu tidak bisa dipungkiri teman. Jadi, masuk akal kan yhaa? Setuju! Terus selama ini kan kita-kita udh amat sangat merepotkan orang tua, alangkah senangnya kalo kita bisa bahagiain orang tua dulu dgn penghasilan kita baru bahagia bersama org lain dan mulai berbagi penghasilan (walaupun itu hak istri mau dibagi sama suami atau kaga. Insya Allah ada hukum Islam yg mengatur. Jadi jgn takut). Masuk akal juga kan yhaa?? Setuju bgt! Lagian mencari seorang pendamping hidup itu bukan perkara yg mudah.

Sebagai seorang wanita yg pernah trauma sama yg namanya cowo (euuu, curcol!curcol!!), kita harus sgt selektif memilih pendamping hidup! Tiga kata kunci, dya bisa menerima kita apa adanya, bertanggung jawab, dan memiliki komitmen! (Betul gag bos Atha?? Gue tambahin satu yha, cowo yg JUJUR!). Kebanyakan dari penganut sudut pandang ini ialah mereka yg cenderung melihat sisi suram dari suatu pernikahan (surveynya konkrit lho! Referensinya dapet dari majalah juga) Intinya, beresin dulu sekolah!! Apalagi kalo udh sukses lbh ok tuh.. Baru deh lu mikir kawin, eh nikahh maksutnya.. Mikirin kawinnya pas udh nikah. Hehe..

Mmhh, sekarang gue akan membahas ttg sudut pandang yg sooner better. (Sebentar, kog gue jd speechless sendiri. Ah lo pada si ngeracunin gue mulu!! Lama-lama gue jadi pindah aliran juga nii..). Bentar ya, gue jadi beneran bingung mau mulai dari mana… OKE! Buat sesiapa aja yg berpikiran untuk menikah cepat ialah mereka yg byk berparadigma married is beautiful (padahal yg beautiful kan gue! Eyy, pede pisan lu..). Menurut narasumber yg itu saya sendiri (hehe), ketika kita emg udah ada yg cocok dan lahir bathin siap, kenapa harus ditunda-tunda?? Rizki mah teu sumping dua kali! (Rizki mah ga datang dua kali-red). Apalagi menikah itu sunnah Rasul dan nilainya ibadah alias menggenapkan separuh dien. Kenapa harus takut? Insya Allah, Allah pun akan membantu dgn cara yg tdk disangka-sangka, baik dari segi spiritual dan material.

Menikah pun ialah salah satu solusi untuk menjaga kehormatan diri. Kyk yg udah qt baca sama-sama di alqur’an (coba dibuka terjemahannya surat AlBaqarah ayat 187) klo seorang istri ialah pakaian bagi suaminya, begitu juga sebaliknya. Dari ayat itu dijelaskan bahwa dgn menikah, segala hubungan yg bukan mahram menjadi halal dan pasutri tersebut bisa saling menjaga pasangannya dari ancaman dan gangguan dari luar (wessss abs bahasanya!). Jadi, perzinahan pun akan terminimalisir dgn qta menikah dgn org yg udh qta sayang. Back to the statement, kalo Allah sgt tidak suka hal-hal yg menjurus ke arah perzinahan, konon sii katanya pacaran termasuk salah satunya, makanya pernikahan adalah salah satu solusi.

Intinya, nikah itu ibadah kog ! Jadi kenapa harus ditunda-tunda. Keberkahan akan mengalir dlm hidup qta ketika hidup kita penuh ibadah. Ketika hidup berkah, insya Allah rizki akan terasa selalu cukup, rencana dan impian pun akan terwujud secara perlahan. Pinter-pinter kita bisa kerja sama si suami/istri deh. Setuju gag?? Harus setuju!! hehe.

Okaaaiii. Yaah buat gue sii emg nii dua sudut pandang ga ada yg salah. Bener kan kalo mereka pny alasan yg ckp kuat untuk mempertahankan pendapatnya masing-masing. Nah, skrg coba kita ambil jalan tengah. Saling ngalah tp saling mengingatkan, itulah inti dari suatu evaluasi (lho lho lho, kog jadi ke situ! hahaha). Berbicara mengenai menikah kita emg harus liat dari dua sisi yg berbeda. Biar kesannya gag mangkir apalagi kebelet!

Diawali dari sebuah kesiapan. Kata Ustadz Miftah Faridl, kunci siap utk menikah adalah punya kedewasaan! (Nah lo, udh pada dewasa gag ya kita ??). Bukan hanya untuk menikah tp kedewasaan itu kunci setiap tantangan hidup. Is it netral? Emg apa sii dewasa teh?? Kalo kata gue artinya sii adalah geDE WAdah SAnguna (besar perutnya-red) hehe.. (ajaran sesat achii mode = ON). Gini, kalo kata teh Fitri dan berbagai sumber, dewasa itu ketika kita udah kenal sama diri kita. Ketika kita udah kenal sama diri kita, kita tau nii mana yg harus kita lakonin mana yg harus dibuang jauh-jauh dari panggung sandiwara kita. Contoh, udah tau kita teh males nyuci baju misalnya.. Yaa jgn diikutin malesnya! Males kog dipiara, kambing dipiara biar gede! Udah tau kita teh ga suka sama asap rokok, maen ke tempat yg byk asap rokoknya.

Intinya, yg tau diri kita ya kita sendiri, yg tau lemah dan lebihnya kita ya kita sendiri jadi ya kita sendirilah yg tau gimana caranya men-treat diri kita biar terus berubah ke arah yg lebih baik, do the best all the time! Keharusan kita untuk cari segala ilmu Allah selama di dunia tp HEI!! Harus ada kemauan yg amat sangat kuat dr dlm diri u berubah! DEWASA!! Kenal sama diri kita sendiri terus di treatment with ur own method. Nah, kalo kita udh kenal sama diri kita sendiri kan enak ya ketika kita harus berkenalan dan menerima si itu tuhh.. si calon soulmate kita! Khusus buat para cewe nii !! Sudah kodratnya kalo kita itu wanita yg otomatis jadi seorang istri dan ibu nantinya.

Makanya buat sesiapa aja yg emg kebelet nikah, coba tanya sama diri sendiri, sudah siap gt gue??? Buat yg masi ntar-ntar dulu nikah ya ttp harus mempersiapkan! Kalo kata Ustadz Darlis mah ISTRI teh singkatan dari Ikhlas, Sabar, Tawakal, RahasIa. Kena kan yha maksutnya? Yaa intinya mah pasrooohh lillahi ta’ala. Insya Allah seperti yg udh gue baca di buku Agar Bidadari Cemburu Padamu, ketika seorang wanita menjalani kodratnya sebagai wanita, dya menjadi anak yg shalehah, istri yang taat pada suaminya, dan ibu yang menjadi teladan buat anaknya, kemuliaannya mengalahkan bidadari surga!! Tuh mau gag lo?? Pokoknya kita harus yakin sama Allah. Karena kalo kita berbaik sangka sama Allah, Allah pun akan memberikan kebaikan kpd kita. Amiinn ya Rabbi..

Satu hal netral yg pgn gue share ttg kata nikah ialah bahwa pernikahan itu suatu gerbang kehidupan. Gerbangnya Allah bikin amat sangat indah sehingga memabukkan org yg melihatnya dgn sekejap pandang. Padahal, setelah gerbang itu ada jalan yg melebihi panjangnya tembok China! Kebahagiaan, kesedihan, kekuataan, kepasrahan, pembelajaran, rasa berbagi, tanggung jawab, peribadahan, cita-cita, impian, hasrat, angan, keterpurukan, keputusasaan, komitmen, semuanya terrangkum sepanjang jalan itu. Jadi ketika kita udah punya kunci dan bisa membuka gerbang itu, jangan pernah lari berbalik arah. Tunjukkan kalo kamu emg pribadi yg dewasa.

Pernikahan itu bukan sesuatu yg harus ditakuti tp bukan sesuatu yg harus dielu-elukan juga. Be proporsional aja. Jodoh dan pernikahannya ialah takdir Allah. Sama kayak kematian, sesiap apapun kita menghadapinya kalo belum waktunya ya belum. Semenundanya kita tapi kalo sudah waktunya Allah-lah yg akan memberi jalan dari arah yg tidak disangka-sangka. Jadi jgn pernah berhenti belajar dan mempersiapkan sambil berdoa terus sama Allah dikasi pasangan yg terbaik dan ter-OK pada momen yg memang kita benar-benar siap menjalaninya. Lagi pula kan td udah gue bilang, pernikahan cuma salah satu cara u menghalalkan suatu hubungan yg bukan muhrim, selama kita bisa puasa hati dan puasa keinginan mah ga harus cepet-cepet juga. Sambil berkeinginan untuk menggenapkan separuh dien, yg ganjilnya dimantapkan juga. Jadi, ketika kita menghadapnya insya Allah kesempurnaan udah ada di tangan dan semoga Allah memberikan kesempatan untuk menyempurnakannya=))

Sebagai seorang mahasiswi gue sering banget denger pembicaraan ttg menikah, ya mgkn emg udah masanya kali yhaa.. Yaa pokoknya jgn terlalu menunda jgn jg terlalu menyegeragakan. Right time, right way, right man! Amiinn..

Oke, bahasan gue ttg nikah ckp sampai di sini. Kalo ada yg mau ditanyain atau dikritisi mangga silakan bercuapcuap di comment. Coba dikomentari yg jalan tengah siapa tau ada ide lain u menetralkan pernikahan biar ga terfokus menjadi dua sudut pandang yang berbeda.

Makasi yya sebelumnya =))

Oiya, sebelumnya.. aku mau kasi oleh-oleh nii krn udh berkunjung ke posting-an ini. Sebuah curahan yang terangkai dlm bait puisi, semoga suka!

m e n i k a h

hanya satu kata yg tesusun oleh tujuh huruf,

namun bagiku itu sangat indah..

saat ketika cinta itu benar-benar menghampiri bukan untuk pamit!

tapi untuk bermalam setiap malam dan bermain setiap hari,

di hati..

ketika sudut pandang tak hanya satu, tetapi menjadi dua yg saling keterkaitan.

menikah, bukan hanya sebuah penghalalan,

atau wujud dari saling mencintai dua insan,

tapi wahana untuk menadah berkah Tuhan,

saling mengingatkan dan berbagi satu sama lain,

bersama.

berdua.

antara aku dan dirinya,

menapaki jalan surgaaa..

*puisi yg udh lama bgt gue buat*



:::achii menunggu seorang ustadz melamar:::

hahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahaha!

0 cuapp pengunjung: