Minggu, 21 Desember 2008

next destination please !!!

Tanggal 12-13 Desember kemarin gue bersama beberapa anak FKG lainnya ikut acara Rihlah yang diadain Fosikagi. The destination is Saung Cibingbin di Sumedang Selatan.

Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam. Perjalanan pergi cukup mencekam soalnya diiringi oleh derasnya hujan. Tapi berhubung gue tidur selama perjalanan jadi ya udah lha yahh..

Pas nyampe, gag ada sinyal! Antara yaa bagus lah dan oh my gosshhh!! Baguslah karena memudahkan panitia untuk megang konsentrasinya peserta, secara yya.. makhluk hidup dewasa ini suka rada-rada susah diajak memperhatikan acara kalo ada HP di tangan, kalo kata Neng Imbi mah, dzikiran mulu kerjaannya alias tuk tak tek tek mencet keypad krn khusyuk sms-an. Tapi minusnya adalah koordinasi panitia jadi tetot juga. Hari gini HP gag bisa dipake rada nyusahin juga. Udah jadi kebutuhan pribadi.

Dari rihlah kali ini banyak banget yang gue dapet. Berawal dari tausyiahnya Kang Indra ttg Hidayah dan Huda. Bukan ngomongin Kang Huda lho, apalagi Kang Hidayah, kenal aja kaga! Hehe.. Kang Indra sharing ttg bedanya hidayah dan huda. Huda itu artinya petunjuk. Allah udah menciptakan banyak banget petunjuk untuk kita. Kicauan burung, derasnya aliran sungai, sejuknya pegunungan, dan masih berjuta-juta petunjuk lainnya. Tapi, sayangnya, hanya sebagian atau mungkin malah gag ada dari petunjuk itu yang bisa kita ukir jadi sebuah hidayah.

Pengertian hidayah menurut sudut pandang gue nii, hidayah adalah sesuatu yang bikin kita selalu inget Allah dan melakukan sesuatu untuk Allah semata. Nah, kembali pada hakikat hidayah yang hanya Allah yang tahu itu di mana dan kapan kita dapetnya, kita sebagai manusia ga boleh diem untuk menjemputnya. Ohh jadi Kang Hidayah harus dijemput?? Iyya, sesuatu yang selalu dijadikan senjata untuk hijrah atau berubah ke arah lebih baik itu ternyata harus dicari dan dijemput! Gag ditungguin. Contoh kasus deh, kan suka ada yha percakapan kayak gini,

X :: Neng, kapan atuh mau pake jilbab?? Kan tambah cantik kalo pake jilbab..

Y :: Aduh belum tau, belum dapet hidayah..

Sebentar, cuma informasi baru aja nii. Hidayah mah selalu ready stock kog. Itu balik lagi ke kitanya, mau diambil atau disimpen dulu, kabar baiknya adalah Kang Hidayah ini gratis buat semua makhluk Allah! Paling dibeli sama kemauan dan tekad yang kuat aja. Nah, masalahnya ternyata bukan pada Kang Hidayah tapi pada Neng Kemauan. Gag akan dapat hidayah kalo maunya belum kuat menghunjam ke dada, tanya aja sama diri sendiri. Yaa mudah-mudahan Allah ga pernah bosan menyodorkan hidayah untuk kita dan berjuta huda bisa kita ukir jadi berjuta hidayah sebelum kematian datang, kalo nyawa udah di tenggorokan mah hidayah udah dibeli ama yang lain… Seorang ulama pun hingga akhir kehidupannya ga pernah berhenti menjemput hidayah, karena pada hakikatnya hidayah itu bagian dari rezeki yang harus kita ambil. Hidayah lah yang membuat kita selalu selamat ada di jalan Allah. Selamat menjemput hidayah deh pokoknya!

Bahasan lain yg cukup menarik adalah tausyiahnya Kang Asyraf ttg interaksi kita sama Al quran. Yapp! Semua org juga udah tau ya, kalo Al quran adalah pegangan hidup org Islam. Islam kan? Nah, kalo Islam coba sama-sama ditanyakan sama hati masing-masing, sudah sejauh mana sii kita paham Al Quran? Mmhh, gue juga suka malu sendiri kalo ditanya pertanyaan kyk gitu. Umur segede gini masih kikuk aja. Baca cuma sekedar baca, tanpa dipahami apalagi diamalin, masih jauh banget kali yha kelakuan gue sama apa yang diajarin Allah lewat Al quran.. Astagfirullahal’adziem..

Kalo kyk gini, gimana Al quran mau jaga kita kalo kita aja males-malesan “menjaga” Al quran dalam hati kita. Terinspirasi dari tausyiahnya Kang Asyraf ada beberapa resep nii buat “menjaga” Al quran dalam hati. Pertama sii ya rajin baca atau bahasa kerennya tilawah qurannya rutin tiap hari. Dipaksakan! Kalo ibadah mah awalnya emg harus dipaksakan. Nanti ketagihan juga ke sananya mah insya Allah.

Beli Al qurannya kalo bisa yang ada terjemahannya. Jadi, kalo udh baca arabnya, bisa dibaca artinya apa. Emg sii bahasa Al quran bahasa yg rumit, tapi kalo udah biasa insya Allah, Allah bantu kita untuk paham. Kalo niatnya tulus pgn lebih deket sama Allah mah jalannya juga adaaa aja. Asal Neng Kemauannya diazzamkan kuat. Terusss biar tambah pol temenan sama al Quran, coba dicari tafsirnya. Banyak kog buku tafsir sekarang yang bahasanya enak dibaca dan dipahami. Kayak bukunya Ust. Aam Amirudin, judulnya Tafsir Kontemporer. Recommended!

Ketika kita udah jatuh cinta dan terikat sama al quran, dgn sendirinya kita selalu pgn inget sama alquran, istilah lainnya, menghafal quran. Wah mantep banget dah. Sok kalo setiap tahapnya kita paksakan untuk kita jalani, insya Allah.. ada saat-saat di mana hati kita begitu bergetar mendengar al Quran. Beriman seseorang ketika dibacakan ayat suci Al quran maka bergetar hatinya. Gue pun sedang memaksakan diri menjadi muridnya Al quran. Mengukir kelunakan hati dan kepekaan terhadap dosa, biarlah senandung quran sebagai penjaga.

Acara rihlah pun ditutup dengan aktivitas outbond. Yipppiiiwww!!! Gue banget dah kalo yg ini mah! Mulai dari nyebrang sungai sambil menghalau deras aliran arus, nyungsep-nyungsep di antara semak-semak, mendaki tanjakan, sampai akhirnya ketemu sama AIR TERJUN !!! wuaaa, curhat colongan nii yahh, gue dari zaman orok ngebet banget pgn ngeliat dan maen di air terjun dan ngidamnya gue selama ini terbayar sudah pada tanggal 13 Desember 2008! Gue pun KETAGIHAAANNN sodara-sodara!!!

Gue kalo udh maen ama si Alam udah lupa diri deh. Udah lupa gue cewe atau cowo dah, hehehe.. Sampe-sampe Kang Asyraf menjuluki gue si Bolang! Haha, that’ s the way I am..

Pokoknya seru banget dah rihlah kemarin.. Makasii ya buat Fosikagi yg udh ngadain acara kyk gitu! Jangan pernah nyerah u memberikan suguhan Allah walaupun peminatnya sedikit yhaa.. =))

Buat yang belum dan mupeng ikut rihlah, tahun depan harus ikut yhaa!! Insya Allah gag nyesel !!

Satu hal yg pgn gue sharing adalah, hidup memang pilihan tapi jadikan mencari ilmu agama itu suatu keharusan. Mau gimana caranya mangga itu silakan selera temen-temen. Kalo saya sii nyandu abis nyari ilmu sambil jalan-jalan kyk rihlah begini.. yukk ahh, next destination please!!

::achiiSIBOLANG::

0 cuapp pengunjung: