Minggu, 21 Desember 2008

penting tau !

Udah biasa kalo awam memegang stereotypenya dokter gigi itu MAHAAAALL! Okei, itu emg fakta dan cukup dengan satu opini itu masyarakat Indonesia jadi parno dan ogah ketemuan ama yang namanya dokter gigi. Paling kalo udah bener-bener sakitnya sampe gag bisa tidur baru dehh.. kucluk-kucluk ke dokter gigi. Padahal yhaa, kalo sekolah TK atau SD lo dulu kedatangan Pepsodent atau Formula yang lagi promo. Mbak-mbak atau mungkin dokter gigi yang jadi narasumber pasti bilang, jangan lupa… datangi dokter gigi 6 bulan sekali! Artinya, sakit gag sakit suka gag suka lo dianjurkan untuk setor muka ama dokter gigi langganan lo 6 bulan sekali. Harus yhaa?? Harus! Bukan karena kita para dokter gigi minta dikucuri dana, bukannn. Tapi ini untuk kebaikan rongga mulut lo juga. Tau kan kalo mulut itu awal dari proses pencernaan. Semua yang ada di perut pertamanya lewat mulut dulu.

Itulah sebabnya kenapa mulut menjadi bagian paling penting. Bisa dibayangkan kalo mulut lo ada problem. Sariawan atau bolong misalnya, seketika itu pun lo gag akan menikmati chicken cordon bleu dgn optimal! Taruhan ama gue. Pasti apapun makanan yg lo pgn mkn terasa menyiksa. Ga ada enak-enaknya deh. Nah di sinilah psikiater dan dokter gigi mulai berselisih. Kalo kata dokter gigi mah mending sakit gigi dari pada sakit hati, kalo kata psikiater mending sakit hati dari pada sakit gigi. Heu, apa hubungannya?? Ada hubungannya! Karena menurut pengalaman seseorang yang pernah mengalami keduanya antara sakit gigi dan sakit hati itu sama bikin meringisnya! See! Sakit gigi itu bukan sesuatu hal yang boleh disepelekan! Sama sekali tidak. Tau Gugun Gondrong?? Beliau koma kyk gitu karena apa?? Karena oral hygienenya ga dirawat dgn baik.

Okai. Bayangin aja, sehari lo makan 3x, iya kalo tepat 3x kalo lebih? Belum ngemil ini itu. Bisa dibayangkan yha sudah berapa juta makanan dan zat-zat asing yang numpang lewat di gigi lo. Syukur kalo teknik sikat giginya bener dan dilakukan pas bangun tidur, setalah makan, dan sebelum tidur, kalo engga?? Sisa-sisa makanan bakal bikin tenda di gigi lo yang nantinya disebut plak. Kalo dia bener-bener dibuat betah camping di situ dya bakal mengeras yang nantinya disebut kalkulus. Nah, kalkulus-kalkulus inilah yang biasanya bikin gusi ngilu dan gigi bolong! Sebenernya untuk merawat saudara-saudara kita di mulut itu ga susah kog. Sikat gigi yang bener min 2x sehari, cukup asupan kalsium dan zat besinya, trus control ke dokter gigi langganan 6bulan sekali! Aduhhhh, beneran harus yhaa?? Iyaa neng harus… Karena kita gag bisa jamin apakah sikat gigi kita udah optimal atau belum. Makanya pas kita ke dokter gigi bakal dilihat tuh ada plaknya gag? Ada kalkulusnya ga? Ada gusi yang bermasalah ga? Ada yang karies ga? *karies means lubang pada gigi*. Gigi atau gusi yang bermasalah akan mengakibatkan banyak hal. Contohnya, halitosis atau bau mulut, pusing-pusing, dan gangguan saluran cerna.

Eniwei,

Percaya ama gue, dari apa yang udah gue pelajari selama ini, kesehatan dan keindahan area rongga mulut itu penting banget. Karena dari situlah awal mula kehidupan. Maksutnya, lo bisa hidup pertamanya gara-gara proses di situ dulu! Iyya atau iyya? Jadi jangan pernah malas dan rugi dating ke dokter gigi. Mending susah-susahan sekarang daripada tersiksa nanti. Lagian dokter gigi zaman sekarang udh ga sekonservatif alias nyeremin kayak dulu kog. Boleh milih, mau yang cakep atau yang cantik, mau yang gokil atau yang manis?? Silakan cari yang cocok. Gue tau jawaban lo pasti pgn ama gue. Sorry, gue belum ko ass jadi belum bisa melayani masalah pergigian lo. *hihi…najis lo chii!!*

Siipp, itu cuma sedikit penjelasan dari gue ttg betapa pentingnya merawat saudara-saudara kita di mulut. Jadi bkan cuma u’re what u eat tapi u’re whay u care! Selamat merawat gigi!!!

0 cuapp pengunjung: