Selasa, 16 Desember 2008

memahami teori toughness dalam dunia nyata

Jarkom kilat ..

Kuis biomol jd hr kamis. Hari ini ga ada kuliah..

WEEEEEWWWW!! Kurang membahagiakan apa coba jarkom kayak gitu!!! Hahahahahahaha.

Dgn sigap gue menutup powerpoint biomol dan beranjak untuk membuka mic.word untuk BLOGGING!!!!! Haha, beneran nii akhir –akhir ini gue nyandu abis nge-blogging =P

Posting-an di pagi yang cerah ini akan gue isi dgn susah senangnya PPM!! Terlihat so last year sii tapi buat sesuatu yg amat berharga untuk diceritakan gag ada kata terlambat kan??

PPM adalah singkatan dari Pengabdian Pada Masyarakat. Hajatannya anak-anak FKG terutama angkatan baru karena mereka-mereka lah yang jadi panitianya. Yupp, bener banget this event is our tender, 2007!

Diawali dgn terpilihnya Afriza Dwi Prasetyo alias JAJA sebagai ketua, PPM mulai menjadi top issue di kalangan anak 2007. Yaa walaupun hanya beberapa sih yg udh mulai sadar PPM pas awal-awal gini. Jaja pun mulai merekrut koordinator-koordinator setiap divisi. Awalnya gue diminta jadi bendahara. Rada ga sreg juga sii tp yaa dijalanin aja lha yaa. Gag lama setelah itu Jaja kembali menemui gue dan meminta gue untuk jadi koor Akomodasi aja, bendahara digantikan posisinya sama Nida. Akomodasi?? Suka denger sii tp what I supposed to do with these division?? Alasannya Jaja simple, lo kan sunda abis chii! Jadi bisa lha… Waktu itu gue sii heuh-heuh aja. Neng Encut Thysa pun mensupport gue. Kalo dya alasannya lbh ok, lo lebih cocok kerja lapangan chii daripada jadi bendahara mah. Sippp!! Gue pun mulai cari tahu jobdesk jadi anak akomodasi. Rapat demi rapat pun gue jabanin sama SC. Nah, ngomong-ngomong soal SC, gue mulai kenal sama yg namanya Kang Yusuf dan Kang Seto. You’re two so amazing guys!! Gue dan anak-anak gag pernah berhenti kagum sama beliau-beliau ini. Dedikasinya OK berat dan cowo abis, hehe… Agenda pun beranjak ke perekrutan anggota setiap divisi. Semua koor milih temen-temen angkatan untuk jadi anggota di divisinya. Semuanya disepakati bersama biar nantinya right man in the right place. Jujur ya, di step yang ini bikin gue rada ketar-ketir. Pada mau gag ya jadi anggota gue? Pada bisa diajak kerja sama gag yha mereka? Tapi yha udah lha yaa. Pasroh lillahi ta’ala. Akhirnya terpilihlah 26 sahabat yang siap membantu gue di Akomodas umum, Transportasi, dan Konsumsi.

Emang apa sii chii PPM?? PPM itu kegiatan sosialnya anak FKG yang acaranya ngadain penyuluhan dan pengobatan gigi gratis di desa terpencil. PPM 2008 kali ini lokasinya di desa Sukakerta dan desa Sindangsari, Cianjur! Acara ini harusnya disiapkan selama setahun. Tapi karena bertemu dgn masalah birokrasi di dekanat yang bikin kita adu mulut untuk memperjuangkan eksistensi PPM, persiapannya pun molor jadi ga efektif setahun. Serunya PPM dimulai dari kegiatan survey yang bikin gue nyaris 2 minggu sekali bolak-balik Cianjur-Jatinangor PP untuk nyari tempat yang OK buat PPM. Awalnya sii mau di desa emak gue biar gampang segalanya. Udah fix 100% tempatnya di situ, akhirnya ganti desa juga karena beberapa saran dari SC koAss. Mmhh, sedih sihh tapi yha it will be better kog gue yakin. Akhirnya besoknya setelah kita fix mau ganti desa, kita anak 2007 plus Kang Riwan dan Kang Takwir yang setia menemani kita survey kembali menyisir desa-desa di Cianjur yang lebih pantas dan cocok di-PPM-kan. Yaa itu lah, jodoh mempertemukan gue bersama Aa Rudi, hahahahahahahahahahahahaha… Setalah sekian desa kita datangin hati kita-kita tiba-tiba jatuh cinta sama desa Sukakerta dan Sindangsari. Hari itu kita ketemu sama Sekdes Sukakerta yang tak lain dan tak bukan adalah Aa Rudi! Sekdes muda yang cakep itu tuhh.. (achiii!!! Come on!). Setelah fix tempatnya di desa Sukakerta dan Sindangsari berbagai persiapan mulai dari yg internal sampe yg eksternal kita siapkan.

Masalah gag berhenti sampai di sini, ternyata menyalakan semangat angkatan itu ga semudah yang kita kira. Adaaaaa aja masalah di angkatan, belum lagi masalah proposal yang ga beres-beres. Tapi ini lah serunya! Dari sini lah kita jadi tau temen angkatan mana yg senengnya cuma rapat, mana yang sukanya kerja lapangan tapi males rapat, mana yang tulus, mana yang semangat 45, mana yang menjalaninya dgn terpaksa, pokokya selama persiapan PPM gue mulai kenal satu persatu temen angkatan gue dgn sifat aslinya. Gue jadi tau kalo Regi itu orgnya all out abis, gue jadi tau kalo Lingga itu bisa bgt diandalin di Danus, gue jadi tau kalo Manyu itu orgnya gokil abis, gue jadi tau kalo Rara itu rapiiiii bgt kalo kerja, dan beragam kelakuan yg selama ini gue tebak-tebak dari setiap org tapi ternyata aslinya beda! Buat gue itu sesuatu yg berharga karena dgn itu gue jadi semakin deket sama keluarga kedua gue yang satu ini. Jadi tau harus berhadapan dgn Jaja gimana, jadi tau berhadapan dgn Ayu gimana. Pokoknya gue jadi ga ngerasa kikuk lagi kalo ketemu sama anak angkatan karena gue bener-bener ngerasa PPM udah nyatuin kita semua. Karena saat itu kita punya keinginan yang sama, PPM KITA SUKSES!! Masalah kuliah, masalah organisasi, masalah pribadi semuanya ilang ketika kita ngomongin PPM. Kurang seru apa coba PPM???

Jatuh bangunnya memperjuangkan PPM bikin kita tambah solid aja sebagai angkatan 2007. Apalagi ya itu tadi, masalah proposal yg ga di-acc acc sama Mr.X bikin kita cukup seteresu alias stress. Karena mau gimana pun proposal itu nyawanya acara! Dari situ lah kita bisa menghidupkan acara ini. As we know ya, kalo proposal udh mantap dan di acc kan kita bisa cari sponsor untuk meminyaki persiapan-persiapan PPM nanti. Tapi ini engga juga!! A lot of story lha di sini! Akhirnya sambil nunggu kepastian proposal kita ngedanus dgn cara-cara yg bisa kita kerjain sambil ngejalanin kuliah. Mulai dari pembentukan keluarga danus, jualan di gasibu, jualan ta’jil pas Ramadhan, sampe ngamen di Dago. Tanpa kita sadari kegiatan ini bikin kita semakin deket dan saling support satu sama lain. Bikin kita semakin tough dan memaksa kita untuk pinter mengatur waktu antara kuliah dan PPM. Jalan yang dilalui pun byk bgt kerikilnya. Ada berantemnya, ada kesel-keselnya, ada marah-marahnya, tapi it’s fine and so normal and natural. Semuanya cuma sekecap rasa untuk bikin kita tambah tough! Iyya, bikin kita tambah TOUGH dan SOLID! Karena setelah berantem dan kesel-keselan kita kembali saling evaluasi dan memaafkan. How sweet yhaa?? PPM gitu lho!

Selain menyelesaikan masalah di angkatan, kita juga harus sambil menyelesaikan jobdesk masing-masing di divisinya. Back to akomodasi, dgn berjalannya waktu gue semakin sadar kalo tugas ini ckp berat. Divisi gue bener-bener ngurusin nyawa org. Mulai dari tempat nginep ntar di desa, transportasi selama acara, dan makanan u bahan bakar mereka nantinya. FYI, mengkoordinasikan setiap subdivisi itu susah abis! Badan gue cuma satu tapi gue kudu kasih atensi ke 3 subdivisi. Tapi di sini gue belajar pendelegasian. Gue kan udah mempercayai Chanur, Regi, dan Alex jadi pikiran gue gag ribet juga karena dgn bantuan mereka strukturisasi kerjaan jadi jelas. Yap, selain belajar ttg nyari duit itu susah, gue juga belajar ttg pentingnya pendelegasian kalo kita jadi seorang pemimpin. Tapi maaf ya temen-temen kalo gue belum maksimal jd koor kalian, gue masih dalam tahap proses belum tahap brg jadi yaa jadi maaf kalo ada yg ngerasa dianaktirikan atau gag dikasi atensi yang maksimal dari gue pribadi untuk membantu temen-temen menyelesaiakan permasalahn di akomodasi. Tapi di sini gue pun belajar untuk bisa tegas dan ya itu tadi be a TOUGH! Gara-gara si TOUGHNESS ini, gue jadi ga jelas statusnya, antara gue ini cewe atau cowo! Hahahaha. Anak akomodasi pasti tau! Iyya bener banget saking minimnya tenaga cowo di FKG, jadi para cewenya mau ga mau terlatih untuk jadi cowo jadi-jadian, hihi.. Survey kadang tanpa cowo, ngangkut-ngangkut galon Aqua cewe sendirian, ketemu om-om di PO bis. Fiuuhh. Banyak banget cerita anak-anak akomodasi ttg PPM ini. Saking banyaknya gue pun bingung nyeritainnya. Dari yang dodol-dodolan, gokil, goblok, memalukan, ahh semua deh ada di sini!!!

Semakin hari H semakin lah temen-temen di akomodasi ketar-ketir. Ngomongin rundownlah, PJ setiap rumah, PJ pemberangkatan, PJ makanan… Jujur aja, pada saat-saat kyk gitu kepala gue udh kyk mau botak!! Belum selesai memantapkan persiapan di internal akomodasi, gue harus berkoordinasi sama divisi lain dan pihak SC preklinik dan SC koass. FYI, pelayanan yg diberikan akomodasi ternyata sorotan abis di mata koass. Dan inilah yg bikin temen-temen di akomodasi gave a full consentration u setiap kerjaan mereka. Ahh all of u are AMAZINGG !! AMAZINGG!!!! Ga tau deh gue jadinya apa kalo gue gag punya temen-temen akomodasi yg support abis!

Pas hari H, tensi setiap anak udh pada naik. Gue bersama beberapa anak akomodasi umum berangkat duluan. Baru H-1 aja udah ada hambatan. Listrik di dua basecamp korslet belum lagi ada beberapa rumah yg meng-cancel untuk meminjamkan rumahnya. AAARRRRGGGHHHH!!!! Masalah demi masalah datang pas hari H. Sebelum menghadapi hari H kita udh menyiapkan setiap hal paling buruk yg mungkin terjadi. Tapi Allah bener-bener ngetest se-TOUGH apa kita, karena kenyataan di lapangan banyak banget yg ga terduga. Ban pecahlah, konsumsi kurang, lampu byk yg mati, WC kurang, rumah kurang, ahh banyak banget!!!

Pokoknya banyak hal yang terjadi di hari H, kalo kata Atha di postingannya ttg PPM, tiga hari sejuta cerita! (empat hari thaa…). Iyya, pokoknya pas hari H semakin keliatan aslinya anak-anak. Dari yang cuek berat sampe yang teteeepppp aja ga tau tempat. Dari yg kerjanya usefull sampe yg kerjanya cuma ngerepotin org (ini fakta yg gag bisa dipungkiri kan bos??) Tapi ya itu lah PPM. Mau gag mau suka ga suka lo harus melewatinya. Gue pernah bilang pas evaluasi kemarin, anggaplah PPM itu kyk sekolah kehidupan. Toh nantinya kita sebagai dokter yang merupakan abdi masyarakat harus mau untuk susah-susahan. Ini mah masih PPM, KKN lebih berat cobaannya brur.. jadi gue berharap dgn PPM kita lebih menghargai dan mensyukuri kehidupan kita yg sekarang. Bener-bener membuktikan kita LULUS PPM!!

Jangan sampe tender angkatan ini gag membekas di hati temen-temen. Rugi banget dah kalo kita gag dapet sesuatu dari PPM. Sesuatu aja, lebih banyak lebih yahud! Pokoknya untuk ke depannya gue berharap setiap sahabat di 2007 mengambil pelajaran penting dari PPM. Kebersamaan dan kerja keras!

Sekarang H+ satu bulan after PPM. Gue sama sekali gag bisa ngebayangin sebelumnya kalo kita, anak 2007, bisa menyelesaikan amanah tender angkatan ini dgn SUKSES!! Tanpa sponsor pula! USAHA KITA BERHASIL TEMAN!!! KITA BISA MENGADAKAN ACARA BESAR DGN KEKUATAN ANGKATAN KITA !! Ingatlah itu selalu! Dan buat gue, PPM akan selalu ada di hati gue sampai nanti. Terakhir, gue mau ngucapin makasi buat ::

Jaja, my big boss *lo ber-progress ja! Gue melihat kemajuan yg signifikan dlm diri lo apalagi pas hari H. Buat gue, lo usefull abisss!!! Salah salah dikit gapapa lha yha, namanya juga Jaja ehh namanya juga manusia! Thx banget ja udh mempercayai akomodasi sama gue dkk, requirement bukan cuma yg sunda abis ja! Tapi mau kerja keras! Hehe.. thx banget udh mempercayai kita u jadi barisan depan ketika berhadapan dgn warga dan koAss, divisi ini bikin gue nangis ketika ninggalin desa! *

Thysa, koor acara jempolan yg jadi partner ketika rapat sama SC dan koass. Jangan pernah nyerah ya cut! You go girl!!!

Kang Yusuf, Kang Seto, Teh Fidya, Ceu Pit, Kang Beni, Kang Riwan, Kang Permana, Kang Takwir, dan semua SC nya kita-kita! *standing applause buat senior-senior gue yang byk ini.. dedikasi dan kontribusinya buat gue melebihi perjuangan gue di akomodasi. Salut abis! Thx u semua support dan bantuannya. Ga ada lo ga rame!! KANGEN DEHH !!!*

Nida untuk uang empat juta cashnya !

Dina untuk LPJ dan curhat colongannya waktu itu, hihi.. SEMANGAT DIN!!!

Abo dkk untuk info-info dosen dan semuanya! Maaf ya kalo kita cerewet, hehe..

Muda dkk untuk brg-brg yang susah payah dicariin u keperluan akomodasi. Thx abis! Jujur yya gue salut dan angkot topi untuk kerjaan temen-temen di logistik, BRAVO abis!!!

Rae dkk yang superciamik poster, pamphlet, spanduk, ID card, logo PPM yg oke abis, dan panas-panasanya u publikasi. MAKASI !!!!

Felis dkk untuk surat menyurat yg memperlicin kerjaan akomodasi terutama transport, thx ya fel..

LINGGA dkk!!! Sumpah ya lo semua TOP abis! Ga ada lo PPM ini ga ada! Makasi u setiap strategi nyari duitnya! Maaf yya akomodasi malak duit lo banget, hehehehe.. MAKASII BANGET pokoknya!!!!

Bu Herman u pelayanan yg super OK ! *u’ll be in my heart bu!*

Pa Aceng dan Bu Aat untu basecampnya, *maaf ya ngerepotin banget*

Ga lupa buat Aa Rudi yang welcome abis sama kita kita!

Dan smua pihak yg ga bisa disebut satu persatu krn banyaaaaaaakkkkkk bgt bgt bgt udh ngebantu PPM ini terutama akomodasi !! Semoga Allah ga berhenti kasi rezeki dan keberkahanNya =))

Dan gue pgn semuanya berdiri dan kembali kasi standing applause untuk sahabat-sahabat gue yang udh bantu gue di akomodasi ::

Chanur, Atha, Monmon, Ono, Andres, Sari, Meli, Ayu, Debo, Rara, OP, Alex, Love, Inet, Aul, Dian, Anus, Regi, Kanya, Imbi, Icha Muti, Nisa dwi, dan Dilla Muchlisa.

*maaf ya guys kalo gue blm bisa jadi koor yg baik buat lo semua.. makasi u semua uang, tenaga, waktu yg udh kalian wakafkan u PPM ini.. Gue belajar banyak hal dari lo semua. Pokoknya lo semua pny tempat tersendiri di hati gue!! duhhh jadi pgn mewek gini gue… more than a million yha cerita kita! Tetep semangat, gue yakin lo semua bener-bener org terpilih. BE A TOUGH GUYSS!!!*

Ocha, Widi, Annisah, dan Silvi

*maaaaaafff banget kalo keputusan gue untuk memaksimalkan potensi lo dgn memindahtugaskan lo di divisi lain ga nyaman buat lo semua. Tapi ini karena gue bnr-bnr ga mau potensi lo terhambat gara-gara ga tersalurkan di transportasi. Lo terlalu berharga dan usefull jadi gue, Muda, dan Rae sepakat untuk memanfaatkan potensi lo semua. Jangan marah yaaa.. maaaffff banget kalo ada yg krg nyaman dgn keputusan gue ini. BE A TOUGH TOO!!!*

PPM, never ending story..

By. Ibu Achii Surachii, *koordinator divisi akomodasi PPM 2008*

1 cuapp pengunjung:

nasiliwetikanpeda mengatakan...

baby!!!!!!!
i love you somad!!!!!!!!!!
i will chi, i will be tough!!!
semangat bwt ke depannya.. msh banyak tender angkatan menanti
jgn kapok jd boss gw ya... hihi
makasi udah mau jadi boss yang baik untuk kita semua
we love you achiisurachii