Selasa, 16 Desember 2008

kenapa engga...

Berhubungan dgn kepengennya gue bergerak aktif di dunia kaderisasi, gue sebagai mahasisiwi yang masih wangi kayu putih (ogah gue dibilang bau kencur!) berencana untuk punya anak banyak! Hahahahaha. Jangan dulu berpikiran yg tidak-tidak… tenang, ada alasan konkritnya kog!

Sayangnya, rencana gue yg pgn pny byk ank ini lagi-lagi tabrakan dgn sudut pandang temen-temen gue yg 5 itu. Desse-desse pada bilang, ngapain lo pny anak byk, Indonesia itu udh penuh.. jangan nambahin beban pemerintah! Lagian lo pikir ngebesarin anak itu gampang apa! Bikinnya sii iyya, ngegedein n nyekolahinnya bu! Minta ampuuuunnn!! Yang penting itu kualitas neng bukan kuantitas..

Iyya sii, kalo dipikir-pikir bener juga apa kata temen gue. Tapi maaf ya ibu-ibu… Gue belum terdoktrin untuk hal yg satu ini. Hehe. Gue emg belum tau seberapa sengsaranya hamil, seberapa sakitnya ngelahirin, seberapa pusingnya nyari duit buat nyekolahin anak, seberapa susahnya nasihatin anak u jadi manusia bener. Gue emang belum tau karena belum ngerasain. But I’m on my way. Banyak hal yg sedang gue persiapkan untuk siap menjadi seorang ibu dari yaa 5 sampai 7 anak lha ya.. hehe.

Gue ga pgn nambahin beban pemerintah dgn menyempitkan lahan krn nyumbang penduduk baru lbh byk, ga sama sekali. Ada misi yang akan gue perjuangkan bersama suami gue nanti (eettt dah, kyk yg udah adaaa aja suaminya!). haha, kesannya gue udah jauuuuhhhh bgt mikirin masa depan ya? Kuliah aja belum bener.. Eh, tapi masa depan mah emg ga boleh disepelein, harus direncanakan sebaik mungkin. Biar hidup gag asal ngalir kyk air tp kayak mancing di laut biar pas ‘pulang’ kita bawa oleh-oleh banyak. Toh dgn rencana masa depan yg mantap kita semakin capcus menjalani hidup. Intinya sii ada tujuannya! Masa mau ngabisin waktu liburan aja kita udh tau tujuannya dari jauh-jauh hari apalagi ini ngomongin hidup.. yang cuma sekali jalan u ngelaluinya..

Buat gue pribadi sii, dgn punya impian-impian dan rencana-rencana hidup itu gue semakin semangat menjalani kuliah walaupun dgn sekuat tenaga menghalau kemalasan tapi dgn si impian itu bikin gue gag cape untuk bangun dari jatuh karena malas dan ceroboh. Karena apa? Karena ada sesuatu yang dituju!

Sipp. Nah, kembali ke alasan kenapa gue pgn punya anak banyak adalah, pertama gue pgn nanti kalo gue udah tua pas lagi lebaran rumah rame karena anak gue banyak dan otomatis cucu gue juga banyak (haha.. alasan yang dangkal…), kedua karena kalo gue nanti jadi org tajir gue jadi tau harus dikemanain uang yg gue punya yaitu untuk menyekolahkan anak-anak (subhanallah… belagunya udah ngeduluin usahanya yhaa! Hahahaha.. yha maaf=]).

Hihi. Alasan yang tadi mah ga punya dasar yang kuat kog, hehe. The truth is gue pgn melahirkan bibit-bibit unggul calon pemimpin dan calon penggerak sumber daya manusia dari rahim gue sendiri. Jerih payah gue dari mulai memeliharanya dalam kandungan sampe menyekolahkannya sampe jadi org bener akan terbayar lunas ketika gue liat anak gue menjadi org-org penting yg memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa. Gue pgn jadi salah satu ibu yang nyumbang harapan-harapan bangsa! Gue pgn bikin perbandingan yang sepadan antara pertumbuhan pengangguran dan pertumbuhan wiraswasta baru! Gue pgn mengalahkan kenaikan tingkat kriminalitas dangan kenaikan tingkat religius! Yaa emg ga instan, ga pas gue lahiran trus perbandingan itu jadi berubah. Butuh proses yang sangaaaatttt panjang! Gue kudu mendidik dya dulu jadi org bener dan bisa diandalkan trus ketika gue lepas dya di dunia luar yg cukup kejam gue berharap dya bisa jadi kader untuk membentuk SDM-SDM baru yg lebih berkualitas.

Menularkan semangat untuk berubah, mulai dari lingkungan keluarga selanjutnya di masyarakat luas! Gue tetep mendahulukan kualitas daripada kuantitas kog tavpi gue pgn lebih dari sekedar mencetak kualitas yang unggul! Boleh kan???? Susah pasti! Susah naudzubillah!! Memang butuh perjuangan dan pengorbanan untuk mendapat sesuatu yang lebih. Tapi gue mau! Gue mau menjalani perjuangan dan pengorbanan itu! Insya Allah, dgn ga berhenti berusaha dan berdoa Allah pasti bantu!! (Sanguinis abis ya gue?? Mudah-mudahan ambisi yg positif yha..).

Dengan impian gue yg ini, sering banget gue tercubiti sendiri. Maksutnya? Kalo misalnya gue lagi males atau kolokan, yahh katanya mau jadi emaknya pemimpin.. masa kelakuannya gini! Ketika kita pgn melahirkan macan, yhaa jadilah macan! Karena seekor ayam gag mungkin melahirkan sesosok macan. Iyya atau iyya??

Banyak buku dan bacaan yang menceritakan kisah seorang ibu yang sukses membesarkan anaknya menjadi org hebat. Inti dari semua bacaan itu adalah keteladanan. Tuh kan, sistemnya Rasul mah emg gag pernah salah. Iyya.. anak itu gag akan jauh-jauh kelakuannya dari emak bapaknya. Jadi ketika udah punya anak, mulailah memberikan teladan yan baik! Hal itu terlatih ketika kita masih muda. Kalo udh biasa jd contoh yg baik u temen-temennya dulu pasti cingcai…

Ini sama halnya dgn prinsip penduplikasian. Gue nyontek dari sistem kerjanya MLM. Hehe. Nah, caranya kita contohkan satu hal baik di depan anak, anak yang pada masanya sedang melewati golden age akan dgn mudahnya menduplikasi kelakuan kita begitu seterusnya dgn nilai-nilai inti yang pgn kita doktrin ke anak kita nanti. Untuk mentreat ank usia SD kita harus tegas alias jangan dimanja, jgn apa yg dya mau dikasi. Lebih baik menyulitkan anak pada usia ini untuk memudahkannya di usia nanti. Saat masa-masa puber, jadilah org tua yg kooperatif, biarkan anak bereksplorasi karena pada saat ini anak udh mulai kenal dgn ‘dunia luar’ sambil pelan-pelan menyelipkan nilai moral biar lebih kena untuk dimengerti sama si anak nanti. Kalo step by step nya khatam dilewatin, insya Allah ketika dya udh jd pemuda dya bisa diandalkan di masyarakat. Wihhhh, bahasa lo chii! Bisa banget! Heuheu, ini baru teori yg justru selalu jadi bahan obrolan gue sama temen-temen yg 5 itu.

Semua teori ini gag cuma dilakonin gue doang tapi juga si papa yg ntar jadi suami gue. Nah, nyari papa buat ank-ank juga kudu dimasukin ke daftar kiat sukses mencetak anak unggulan! Kenapa? Karena kalo kata dr.Ani dosen biokim gue, DNA ank itu setengah dari ibunya setengah lagi dari bapaknya. That’s the point brur.. Gue kudu nyari DNA calon suami yg ok buat ngisi DNA anak gue nanti. Calon suami yang sama-sama mau berjuang untuk mencetak anak unggulan. Calon suami yang sama-sama bisa dijadikan contoh yang baik buat anak-anak nanti. Calon suami yang mau diajak kerja sama untuk gag berantem di depan anak. Calon suami yang cerdas ngambil hati anak kalo anak gue ntar bĂȘte karena ga diturutin maunya, dan masih banyak lagi yang lainnya…

Terlihat ribet yya?? Ya emg gitu. Satu hal yg gue belajar dari temen-temen gue, jgn pernah nuntut Allah untuk memberikan kehidupan yang full of happiness kalo kita gag mau ribet. Hidup butuh pengorbanan kog. Tapi kalo dinikmati mah asik asik ajaa. Kalo kita mau merenung, jauh lbh byk hal yg bikin kita senang daripada hal yg bikin kita susah kog. Be optimis ajaa..

Statement banyak anak banyak rezeki emg ga sepenuhnya bener karena itu balik lagi ke emak bapaknya sehebat apa menjemput rezeki setiap anak. Hakikatnya setiap anak yg lahir memang sudah dititipi Allah dgn rezekinya masing-masing. Mari kita berkhusnudzan, coba dibayangkan kalo semua pasangan muda bercita-cita sama yaitu melahirkan anak yg dididik u pejuang peradaban, kebayang kan akan seperti apa generasi pengganti kita nanti?? Penuh dgn insan yang siap mereparasi peradaban menjadi peradaban yg kaya akan nilai moral dan perjuangan! ALLAHUAKBAR! Gue gag pernah tau apakah Allah akan mengamanahkan calon-calon pejuang peradaban lewat rahim gue tapi yang pasti gue pribadi gag akan berhenti belajar untuk menjadi pejuang peradaban.


Punya anak banyak yaa kenapa engga!


::mamaACHII::
Dedicated to Jaja, Lingga, Love, Rae, Atha.
Gue udh jadi emak yg baik blm buat lo semua? LHO?!?!?
Hahahahahahahahaha..

0 cuapp pengunjung: