Minggu, 21 Desember 2008

hobi yang aneh ?!

Pembaca setia blognya Suri *nama panggilan baru ahh buat gue, hehehehe.. ahh byk yg ga ikhlas nii kyknya!* …

Gue punya bacaan baru yg oke punya. Udah lama gue ga baca Majalah Sabili, sekarang gue lagi seneng baca majalah Tarbawi. Isinya sii 11-12 sii tp susunan katanya lebih enak aja. Majalah Tarbawi yang pertama gue baca topik utamanya adalah ttg Menikmati Kesenangan yang Menyemangati. Intinya sii ngomongi ttg hobby and something about interesting of.

Di majalah ini dijelaskan bahwa Islam itu agama yang penuh kabar gembira! Jadiii.. gag ada hukum yang mengharamkan untuk senang-senang! Asikkk banget ga? Iyya lah.. Allah Sang Pencipta sangat tau bahwa kita manusia butuh something fresh! Islam menganjurkan untuk selalu proporsional menghadapi hidup. Walaupun pada dasarnya hidup ini penuh keseriusan tapi Allah memberikan kita potensi untuk memiliki kecenderungan lebih suka sama hal yang senang-senang daripada hal yang ribet-ribet *ya eyaaaaalaaahhh!! Nah, inilah yang dinamakan Sunatullah. Ketentuan Allah.*

Hidup itu gag cuma belajar di kampus, beribadah di mesjid, bekerja di kantor, bertani di sawah, bukan cuma itu ! Kita juga boleh menari, menyanyi, berlari, berkuda, menulis, melukis, dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa bikin kita tertawa dan semakin menikmati hidup! Tanpa kita sadari justru dengan kegiatan yang seperti itu lah kita jadi lebih semangat untuk kembali menjalani kehidupan di perkuliahan, perkantoran, persawahan, atau di mana pun. Dengan menikmati kesenangan itu insya Allah kualitas kerja kita juga jadi lbh OK karena kita semangat dan full of mood!

Ehh ehh, sebagai seseorang yang moody, gue sudah membuktikan lho kalo ternyata moody itu bisa dikalahkan! Gimana caranya?? Cari aja kegiatan-kegiatan yang menyemangati dan penuh nilai-nilai positif, insya Allah pikiran kita pun bakal ikut positif. Kalo udh full of positive thinking mah, capcuss ajaaa.. yuk capcuss!

Tapi jangan terlalu senang dulu. Tetep ada aturannya *eh, ngomong-ngomong soal aturan, udh terbiasa dan gag bête denger peraturan kan?? Jangan bête dong! Yakin deh kalo misalnya peraturan itu yg bikin kita selamat dan aman! Buktiin aja sendiri. Kalo perlu bikin skripsi ttg manfaat mematuhi peraturan atuh ya! hehe*.

Walaupun Islam telah memberikan keleluasaan dalam bersenang-senang, kita juga harus hati-hati sama kata senang-senang. Karena Rasul pernah bilang, Jika saja umatku tau ttg kehidupan akhirat, sesungguhnya ia akan lebih banyak menangis daripada tertawa ketika hidup di dunia. Nah lo !! Apa tuh maksutnya, kalo kata gue pribadi sii yah.. Kembali pada statement hidup itu hakikatnya penuh keseriusan karena hidup itu cuma sekali dan akhirat itu selamanya makanya Rasul khawatir umatnya terlena dgn kesenangan dunia tanpa meretas atau nabung buat kesenangan akhirat. Ada satu quote yang gue baca di desktopnya Maryam, temen kost-an gue, dan cukup menginspirasi gue, bunyinya :: Istirahatmu adalah ketika kakimu menapaki pintu syurga. Yapp bener banget. Selama kita masih hidup pake detakan jantung dan desahan nafas, kita masih dalam suatu pengembaraan yang butuh tingkat keseriusan yg cukup.

Jadi gini lho.. *jd pada bingung yhaa?? Maaf, maaf..*

Hidup itu perjuangan *kayak judul lagu ga si? Kita harus menjalaninya dgn serius, tapiii.. Allah sangat mengerti kalo kita itu bukan robot atau malaikat yang bisa teruuuusss aja melakukan hal yang sama tanpa korslet. Makanya Allah menciptakan sesuatu yg dinamakan hobi untuk merefresh kepenatan selama melakukan aktivitas. Gue punya temen dari yang serius sampe yg santeeiii, masing-masing punya nilai plus dan minusnya. Kenapa kita temenan?? Biar yang kubu serius ga terlalu serius dan kubu santai tidak terlalu santai, jadi kupu-kupu deh! *sindentosca abis lha ya!* iyya gag temen-temen??hehe.

Mangga dipilih mau hobinya hobi apa. Kalo gue sii hobinya ORGANISASI!! Hahaha, hobi yang aneh bukan?? Sebenernya hobi gue yg normal juga banyak, seperti menyanyi, menari, menulis, dan travelling. Tapi buat gue organisasi itu da best! Lewat organisasi gue belajar banyak!! Secara organisasi kan hubungannya man to man kan yha??

Sejak gue orok sampe segede goplok gue udh sering ikutan organisasi. Kenal sama org dari yang pendiem sampe yg ga bisa diem, dari yg pundungan sampai yg ambisius, dari yg bijaksana sampai yg egois, dari yg ikut-ikutan sampe yg niat abis, ahh pokonya semuanya dehh! Di organisasi inilah gue ngerasa gue sekolah dgn gratis!! Jangan salah lho.. buat kita yg suka aktif organisasi dan gag pernah absen ikut kepanitiaan ini itu kita juga sedang sekolah! Jadi jgn pernah memandang dgn mata sebelah org-org yg suka cabut kuliah gara-gara urusan organisasi karena sebenernya kita juga sama-sama sedang belajar ilmu Allah yang lain di tempat yg berbeda, bukan karena kita malas atau mangkir!

Organisasi adalah satu-satunya hobi yang bikin gue semakin tangguh dan gag canggungan. Percaya gag dulu gue orgnya pemalu dan ogahan??? Gue jadi org yg kyk gini tuh prosesnya panjang. Organisasi lah yg mengajarkan gue banyak hal. Pokoknya gue bangga aja punya hobi organisasi. Karena gue emg menikmati saat-saat di mana gue lagi gawe di keorganisasian itu. Walaupun rasanya campur aduk, dari ketawa cekikikan sampe nangis meringis udah gue alamin dah! Malah gue lebih betah ngurusin organisasi daripada kuliah, upss! Tapi tenang… justru dgn organisasi lah gue jadi pgn serius kuliah! Pokoknya yang namanya Bapak Organisasi ini hebat bgt dah! Harus coba kenalan.

Bener kata temen gue Atha, organisasi itu penting apalagi buat kita yg nantinya bakal jadi abdi masyarakat, organisasi itu kudunya dimasukin ke SKS aja ya tha?! Bukan apa-apa, ada gunanya buat ntar kita kerja!

Semua ini berawal dari kekaguman gue sama mahasiswa-mahasiswa yang mau meluangkan waktunya untuk memikirkan hal yang sebenernya bukan untuk kepentingannya tapi untuk kepentingan org banyak jadilah gue pun ingin sedikit memberikan kontribusi. Gue juga pgn terus menikmati proses pendewasaan lewat organisasi .

Menjalani hobi yang bermanfaat untuk org banyak, gue memilih organisasi di sini. Alhamdulillah gue si ngerasanya apa yang jadi urusan gue selalu adaaa aja jalannya, ga tau dari mana. Mungkin ini jalan dari Allah karena ya itu tadi, cuma berkorban sedikit tenaga dan kepedulian Allah balas dgn berlipat-lipat ganda. Alhamdulillah..

Mudah-mudahan jatohnya ga riya’ ya tapi sharing aja. Siapa tau tertarik punya hobi organisasi juga. Sama sekali gag ada ruginya. Capeknya, pusingnya, semuanya terbayar lunas !! Kepuasan bathin yang ga bisa diuangin deh!

Pokoknya apapun hobi lo, kita sama-sama berharap itu hobi pny nilai manfaat dan gag cuma rutinitas tanpa makna aja. Insya Allah karena kita udh sama-sama gede kita pasti bakal mengisi hidup kita dgn hal-hal positif aja, ga sama yang lain!!!

Oiya, angkot jadi semuanya gratis di UNPAD itu usahanya siapa coba?? Temen-temen kita di BEM U tuh !

Jadi punya hobi itu harus yha! Apalagi hobinya ikut organisasi, hehehehehe..

Yuk ahh capcusss ngerjain praktikum, SMANGAAAATTT!!!!

::achiiHYPERAKTIF::

0 cuapp pengunjung: