Selasa, 16 Desember 2008

harus coba !!!

Gue adalah salah satu dari sekian juta org yang doyan sama kegiatan yg berbau kaderisasi. Buktinya aja Allah memang menakdirkan gue untuk ditempatkan di departemen PSDMO di BEM maupun Fosikagi (Forum Silaturahmi Mahasiswa Muslim Kedokteran Gigi). PSDMO adalah departemen yang bergerak di bidang pengkaderisasian. Apa sii kaderisasi ?? Kalo kata salah satu temen, dari asal kata kader yang artinya tenaga inti, arti dari kaderisasi itu sendiri ialah proses di mana si tenaga inti itu dibentuk, mulai dari perencanaan, rekrutmen, penempatan, orientasi, pelatihan, evaluasi, dll-nya. Nah, gue sangat mendambakan dan bermimpi dunia ini mencapai kembali kajayaannya seperti masa jaya Rasul kita tercinta, Muhammad SAW dan para sahabatnya dgn pembentukan tenaga inti-tenaga inti tersebut. Emang mungkin chii?? MUNGKIN BANGET! Percaya deh, gag ada yang ga mungkin selama kita niat dan mau! Inget surat Ar-Ra’d ayat 11 yang bunyinya,
Miring
“..Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri..” (QS: 13:11)

Pasti pada inget!! Anak mama achii kan pada pinter.. hehe.

Sebelumnya Rasul pun dihadapkan sama situasi masyarakat yang ancur berat, masa jahiliyah! Tapi dengan memaksimalkan seluruh potensi kader yang luar biasa lambat laun masyarakatnya pun beralih jadi masyarakat penuh kemuliaan yang hingga saat ini selalu dijadikan uswatun hasanah, contoh yang baik hingga akhir zaman! Subhanallah…

Beneran mungkin chii?? Kan itu mah zaman nabi, klo kita?? Ada sii nabi tapi itu mah Muhammad ADRI bukan Muhammad SAW, hehehehe… Bisa kog, bisaaa… Kata Ustadz Darlis juga maksutnya uswatun hasanah itu sendiri yakni contoh yg emg bener-bener bisa kita tiruin walaupun kita manusia biasa kalo emg mau dan niat! Kehidupan mulia ayah kita Nabi Ibrahim a.s dan rasul kita Muhammad s.a.w byk banget yg bisa dijadikan role model kog!

Balik lagi ke kata kaderisasi, gue amat sangat ingin jadi org terdepan yang memberikan kontribusi untuk kegiatan kaderisasi. Ada kepuasan tersendiri ketika kita melihat sebuah perubahan sumber daya manusia dgn program-program yang kita tawarkan. Pembentukan sumber daya manusia, yapp ! Mungkin itu arti kaderisasi menurut kamus Surachii. hehee.. Serunya, sebelum kita membentuk karakter yg kuat bersinergis dlm diri org lain otomatis ada kewajiban yang harus bin kudu abis untuk kita, yaitu membentuk pribadi yang kuat dulu dalam diri kita. Wae abis kalo misalnya kita nyuruh org ini itu, ngajak org untuk ini itu tapi kitanya tetot abis!! Kalo bahasa Aming mah, NYINGKAH SIAH !! *uppss, ini rada kasar sii kata-katanya. hehe, biar POL aja ngusirnya.. Daripada ke laut, keenakan.. bisa weekend dgn tenang dya. Eugh, bahas!*

Tapi sanntaaaii, bukan berarti seorang kader itu org yg serius. Org yang saklek dan konservatif. Justru engga gitu tapi kudu org yang fleksibel tapi punya daya hasut yang OK. Mendoktrin dgn cara halus lha ya. Seorang kader itu harus bisa mengajak ke arah kebaikan tapi dgn cara yg menarik! Yippii. That’s the problem. Terkadang fenomena di masyarakat, lebih banyak peminat yang datang ke acara hiburan daripada ke acara yg temanya pengembangan diri. Kenapa ya?? Mau tau?? Mau tau gaa?? Kalo mau tau harus bantuin memberikan solusi ya! Alasannya adalah karena acara yang mengusung tema pengembangan diri kurang cantik kemasan luarnya daripada acara hiburan yg udah pasti bikin org rebutan u attending. Ga bisa dipungkiri kalau kita yg udh segede gini tetep aja kayak anak kecil! Tertipu sama kemasan luar. Kelihatannya sii meaning abis datang ke acara dugem, ngabisin weekend di mall, atau apapun yang berhubungan dgn hura-hura tapi fakta membuktikan kalo efeknya gag long lasting, brur..

Jadi, ini PR kita sebagai generasi muda untuk meracik sebuah acara keagamaan atau acara pengembangan diri yang bermanfaat banget untuk hidup kita kelak dan bekal di akhirat menjadi sesuatu yang menarik. Ada ide?? Gue pun sedang berpikir gimana yhaa caranya ??? Langkah pertama gue sii mencoba untuk blend in sama setiap selera org (tapi ga kebablasan terlalu jauh juga) trus banyak baca biar kaga bodo! Jadi tau harus mentreat seperti apa kalo kita mau menyelipkan core value ke setiap lapisan masyarakat.

Kerjaan gue yg kayak gini bukan berarti gue udah jadi manusia sempurna yang udah pantas nasihatin org. ENGGA SAMA SEKALI!! Temen-temen gue udh tau lha yha busuk-busuknya gue. hehe. Tapi gue selalu yakin sama janji Allah, kalo kita emg berusaha untuk memperbaiki diri sambil memperbaiki lingkungan sekitar alias ga merasa shaleh sendiri. Allah pasti bantu kita u lancar memperbaiki pribadi kita. Allah gitu yhaa! Selama kita menolong agama Allah, Allah PASTI menolong kita. Jadi jangan pernah rugi untuk menjadi seorang kader. Efeknya kerasa sama diri sendiri. Apa yang kita kasih dan keluarkan baliknya ke kita lagi kog. Kurang asikk apa coba ketentuannya Allah??

Semenjak gue masuk dan kenalan sama kata kaderisasi, gue semakin terlatih untuk jadi manusia pembelajar. Manusia yang cukup tangguh untuk menerima perubahan tetapi tetap mengokohkan prinsip hidup.

So, …Be a core man is a lot of HAVE FUN! Wanna try??

*ehh, ditunggu yha masukannya u bikin acara yg materinya ckp berat tp ttp nikmat dan seru u diikuti, yayayaya…*


::::achiineverstopmoving!!

0 cuapp pengunjung: