Jumat, 02 Januari 2009

sabar dan syukur, itu aja.

Sabar dan syukur.

Dua kata yang akhir-akhir ini mulai akrab di telinga dan mata gue..

Berawal dari obrolan ringan pas lagi acara keluarga di rumah Nin Titi (kaka iparnya nenek gue dari mama), waktu itu Nin Entin (adik iparnya nenek gue dari mama) bilang kalo misalnya Allah itu udah merangkai skenario hidup sedemikian rupa, semuanya berujung pada kebaikan kita kalo misalnya kita mau jeli dan cerdas memahami. Kemarin Ua gue tutup usia, cerita sebelum Ua gue tutup usia cukup manis Allah rangkai. Jauh sebelum tahun di mana Ua gue tutup usia, Allah menakdirkan bahwa Ua gue dikarunia dua orang putra. See? Ketika sekarang Ua gue udah gag ada, Ua istri bisa bernafas lebih tenang karena ada dua jejaka yang siap ngejagain beliau dan cowo gitu yhaa?! Biaya hidupnya ga seribet cewe. Truss 2 tahun sebelum meninggal, Nin Titi (Nin Titi adalah ibu dari Ua gue yg meninggal kemarin) pindah rumah, sama-sama tinggal di Gading Ragency sama Ua gue. Sekarang, ketika Ua gue udah meninggal, keluarga Ua gue gag gitu kesepian cz ada Nin Titi dan keluarga lainnya yang tinggal di komplek yang sama. Secara kronologis kalo kita mau merenung, walaupun itu ceritanya panjaaaanggg banget tapi dari setiap stepnya Allah punya maksut tertentu. Tanpa kita sadari lho!

Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan??

Itu baru satu dari sejuta cerita yang sempet diobrolin pas acara keluarga rutin di rumah Nin Titi kemarin. Intinya banyaaaakkk banget hal yang harus kita syukuri. Iyya! Kalo kita mau merenung atau bahasa kerennya bermuhasabah, kyknya udh gag ada waktu buat kita untuk ngeluh. Bener-bener gag ada!

Cerita paling gress ni yhaa.

Kemarin gue maen ke Tangerang, rumahnya Tante gue. Di perjalanan pulang dari sana, suddenly mobil yang gue tumpangi which is mobil Om gue tiba-tiba aja mogok. Padahal udah tinggal bentar lagi nyampe rumah. Mogoknya bisa dibilang total karena udh coba diulik tetep aja pundung ga mau jalan. Desah keluh kesah mulai kedengaran di dalam mobil. Kenapa harus mogok? Padahal bentar lagi nyampe… pokoknya penghuni mobil mulai menggerutu. Jujur aja, gue suka rada bĂȘte kalo denger org ngeluh, apalagi ga bantuin cari solusi bikin suasana tambah suram aja. That’s why gue selalu meminimalisir keluhan sebisa mungkin. Padahal kalo mau diliat segi untungnya, byk banget! Untung udh hampir nyampe jadi minta bantuan juga ga susah dan untung pas mogok cuaca lagi bersahabat alias kaga ujan deras, kalo ujan?? Alamakkk… bisa dibayangkan sendiri lha yha merananya gimana.

Pokoknya kalo kata Aa Gym mah, masih banyak 1001 alasan yang bikin kita tetep bersyukur dalam setiap keadaan walaupun dalam keadaan sempit menghimpit sekalipun. Sekali lagi, kalo kita mau berpikir luas dan berhati lapang!

Inilah yang sering gue baca di artikel majalah kalo hakikatnya indikator kebahagiaan itu bukan pada materi tapi kepandaian kita memanajerial rasa syukur. Ketika kita mengembalikan semua sama Allah, Insya Allah berkah. Gag sedikit lho tukang sapu jalanan lebih merasa bahagia dibanding pengusaha yang punya harta segudang. Gag jarang seorang guru SD biasa lebih menikmati hidup dibanding professor yang udah terkenal mendunia. Satu point, keberkahan! Kalo hidup udah berkah mah, mau makan nasi cuma pake garam juga nikmatnya setara kyk makan chicken cordon bleu di hotel mahal dah! *rada lebayy juga sii yg ini mah,hehe*

Tapi iyaa juga sii.. mau itu makanan harganya 2rebu atau 200rebu nikmatnya mah cuma sejengkal tenggorokan udah lewat itu mah sama aja rasanya. Inilah yang dibilang kalo kenikmatan dunia mah gag abadi!

Jadi, udah sejauh mana nii kita bersyukur??

Gue sebagai mahasiswi yang masih wangi kayu putih, masih rajin ngeluh juga. Adaaaa aja yang dikomentarin. Kenapa si harus gini? Kenapa sih gag gini aja? Kenapa si dia harus gitu? Kenapa si ga sekarang aja? Kenapa si harus ada ini? Kenapa si harus ada itu? Dan segala macam pertanyaan yang bentuknya tiada lain dan tiada bukan sebagai penyangkalan terhadap keadaan yang sudah ada *hahayy bahasa gue ok berat!*

Padahal back to the statement yang diutarakan Nin Entin, kalo semua ini udah ada yang ngatur. Kenapa gue harus jadi anak pertama, kenapa gue harus masuk FKG, kenapa gue harus terlahir dgn tulang besar *haha, curcol gue..*, kenapa gue ga dikasi jodoh sekarang2 *chiii????*, kenapa gue punya sobat kental kyk Risma sejak proses embriologi, kenapa gue dipertemukan dgn sahabat superciamik seperti atha, imbi, ve, icha, dan sari, kenapa gue harus terlahir dgn watak sanguinis yang mendarah daging, kenapa gue harus punya PD III yang seperti sekarang ini, kenapa gue kyk gini, kenapa gue harus gini.. semuaaaaanya ada jawaban yang masuk akal kalo kita mau berpikir luas dan berhati lapang.

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kan kau dustakan?

Lalu bagaimana dengan sabar??

Kurang baik sepertinya soalnya warungnya udah kaga eksis lagi di RCTI cz sinetron si Neng udah kaga tayang lagi!

He, gag lucu yhaa?

Okaii, sabar. Termasuk orang yang ga sabaran?? Kalo saya sii iyaaa. Pengen cepet-cepet lulus. Pengen cepet dapet kerja. Pengen cepet nikah. Pengen cepet punya anak. Pengen cepet sukses. Bagus sii berarti kita punya kemauan tapi kalo cuma sekedar mau tapi gag usaha. Talk to somebody hand aja kali yhaaa. Iya! Gue pengen nyubit diri gue sendiri yang suka ga sabaran, terlalu pengen cepet impian gue terwujud. Padahal yhaaa justru dengan proses yang berkelok-kelok dan curam serta tajam sebuah hasil itu bakal manis kerasanya. Kayak sekarang aja, gue ga sabaran kalo lagi praktikum. Tapi kalo ga serebet ini praktikum gue, di saat gue udah jadi drg beneran gue gag akan merasakan drg gue senikmat kalo proses praktikumnya memakan tangisan dan keluh kesah yang amat sangat *iya gag temen-temen???IYAAA!!!! hahahahaha*

Aduh gue rada bingung nii mendeskripisikan sabar. Mmmhh, gini deh. Intinya seseorang dikatakan beriman ketika diberi nikmat ia bersyukur dan ketika ditimpa kesulitan dia bersabar. Sebenernya, mau itu anugerah atau musibah, dua-duanya ujian. Sejauh mana keimanan dan ke-ajeg-an kita memegang prinsip Allah ketika dihadirkan dua fenomena hidup itu. Tambah iman atau malah tambah kufur?

Ada satu judul yang bisa jadi referensi untuk semakin ngerti ttg sabar dan syukur, judulnya Mahkota Cinta di buku Kang Abik, ”Dalam Mihrab Cinta”. Ceritanya ok berat! Banyak pesan yang bisa kita ambil sama-sama. Baca dehh!

Okeii, mudah-mudahan kata sabar dan syukur gag cuma akrab di mata dan telinga gue, tapi terlebih pada hati!

“Dalam tubuh ini terdapat segumpal daging yang memotori semua anggota tubuh lainnya. Jika ia baik, semuanya pun menjadi baik; Dan jika ia rusak, semuanya pun macet Dan malfungsi. Itulah yang disebut kalbu (hati) *HR.Bukhari dan Muslim*”

SEMANGKA!!

*juraganSABARSYUKURbukanjuraganSABARSUBUR, haha. maksa mode ON*

1 cuapp pengunjung:

nasiliwetikanpeda mengatakan...

chi, kalo dgn makan nasi sama garem udah berasa nikmat berarti hidup udah berkah, bearti hidup gw berkah banget y??? hahaha....
setuju chii!!!! d syukuri aja semuanya... nikmatin aj praktikumnya...
feel the moment... ahahaa
SEMANGAT!!!!