Jumat, 02 Januari 2009

resolusi dan diet

liburan kemarin membuat gue menemukan yang namanya buku berjudul ::

DIET SEHAT GOLONGAN DARAH A

hahayyy.
seketika itu pn gue tertarik untuk diet =))
gue pengen turun 5 kg aja dahh!
tinggi 165 cm kan kudu 55 kg yha BB nya?

gue pun mulai membaca. serunya adalah diet gol darah ini disesuaikan dgn kondisi biokimia tubuh dilat dari susunan biokimia gol darah. jadi, menurut teori yg gue baca di buku itu, tubuh ngasih respon yg beda-beda sama makanan. nah, ada beberapa makanan yg OK dan yang kudu dihindarin untuk si empunya gol darah A ini.

janjinya sii kalo kita ngikutin diet nii kita gag akan ngerasa laper karena kita gag disuruh mengurangi porsi makan secara ekstrem tapi memilah dan memilih menu yang bakal masuk ke sisitem pencernaan kita.

serunya lagi, selain membantu memproporsionalkan berat badan, kalo kita menjalani yang namanya diet gol darah ini tubuh kita juga jadi better. detoksifikasi secara tidak langsung bukan yhaa??

yaa intinya sii, gue diet biar gue sehat lebih tepatnya karena agak susah juga mengecilkan badan yang punya tulang sperheboh kyk gue, haha.

sedikit contekan ttg diet gol darah A ::

gol darah A itu emang tercipta dengan sistem pencernaan yg sangat ramah dgn berbagai makanan. jadi jangan aneh kalo org yg punya gol darah A serba hayu kalo makan, hahaha. *iya ga sar? iya ga risumm??*. yang gue rasakan sendiri adalah, gue tuh gampang naek berat badannya. tapi, anehnya gol darah A tuh rentan kena maag! ihh aneh, suka makan tapi tetep kena maag. gue tuh!

solusi konkrit diet gol darah A adalah menjadi vegetarian! menghindari makan daging sapi, susu, keju, minyak kelapa, pisang, pepaya, mangga, dan masih banyak lagi, MSG, dan menghindari mengkonsumsi gorengan yg digoreng pake minyak kelapa! *aduh rada nyusahin nii yg ini..*

byk byk makan sayur dan buah, kayak bayam, lidah buaya, nanas. rempah-rempahan kyk garlic, jahe, ginko biloba, dll. peke minyaknya minya zaitun kalo mau masak *glek!*. byk konsumsi kacang-kacangan terutama kacang kedelai.

tipe olahraganya kyk yoga gitu dehh.

ada sedikit cerita ttg diet ini!

hari ini adalah hari pertama gue menjalankan diet gol darah.

sarapan ::
air madu + cake dari teh fitri fik
(harusnya sii dihindari makan cake soalnya ada mentega, susu, dan lain-lain, hehe. tapi yha udah lha yaa..)

makan siang ::
gue sengaja hunting ke supermarket untuk liat harga2 makanan yg OK u gol darah A. murah2 sii secara makanan kyk tempe, tahu, dan aneka sayuran mah murmer abis. tapi gue rada mesem-mesem ketika liat harga minyak zaitun alias olive oil. ENAMPULUHENAM REBU aja gitu yha! untuk satu botolnya dan gue estimasi itu cuma bisa dipake kurang dari sebulan. maaan!!! ahh ntar-ntar aja dahh. nabung dulu.
FYI, gue rada ekstrem lho kalo untuk urusan kesehatan dan perawtan tubuh. maksutnya, gue tipe org yang rela-rela aja ngeluarin duit byk u kesehatan dan perawatan, hehe. terdengar freak? iyaa sii. hehe.
jadi, menu makan siang gue hari ini adalah tahu dan tempe direbus dilengkapi brokoli rebus juga. oiya plus kecap! enak chii? yaa gitu dehh.

makan malam ::
rencananya makan malam gue akan gue isi dengan minum green tea cap kepala djenggot! hahahaha, hasrat pgn jadi jinny oh jinny nii! hyakakakakakkk.
kalo laper, yaa tinggal ngemil roti gandum. it's good for our health.

sayangnya hari ini gue gag makan buah. padahal nii yah, di buku itu gol darah A kudu makan buah 3x sehari!!! aduh,aduh.. rada berat juga yha untuk kantong mahasiswa, hehe.

yaaa pokoknya mah gue menjalani diet ini semampu gue, ga harus maksain juga.
gue teringat omongannya neng bimbi. keadaan kita saat lansia nanti ditentuin sama pola hidup kita sewaktu muda. jadi gue lebih ngejar ke pola hidup sehatnya, bukan untuk mengurangi berat badan sii. abis seperti yg sudah gue bilang, gue rada susah turun kiloan. hehe.

terdengar seperti resolusi awal tahun? ya mungkin.
semoga tahun ini banyak dikasi kesehatan sama Allah. amiin!

SEMANGKA!

3 cuapp pengunjung:

nasiliwetikanpeda mengatakan...

ahaha...
semangat chi!!!!
pertahankan y boss!!! kga usah semuanya.. garis besarnya aj,yg msh sesuai sama kantong anak kost.. haha

yossy.eko.arimbi mengatakan...

semangat dan semoga sukses!!!

Lili Flo mengatakan...

berhasil gak mbak dietnya?
klo berhasil mau aku ikutin ni
hehe