Senin, 02 Februari 2009

mata, anak, dan telinga



Umur udah makin tua aja nih dan gue jadinya semakin asyik aja berbicara tentang masa depan,hehe. Saat ini gue lagi pengen sharing tentang salah satu trik mendidik seorang anak. Eitss, bukan berarti gue udah punya anak, kebelet punya anak, apalagi ahli dalam mendidik anak. Not yet! Gue di sini hanya ingin berbagi ilmu yang pastinya bermanfaat untuk bekal hidup kita nanti ketika sudah saatnya hidup berumah tangga *beuhh!* Jadi, Anda tertarik?


Pernah denger quotes yg bunyinya gini, seorang anak bukanlah pendengar yang baik tapi ia tidak pernah gagal ketika harus meniru karena SEJATINYA anak terlahir menjadi seorang peniru yang ulung. ehm.

Setuju atau tidak, sodara-sodara??

Setuju atau enggak, percaya atau enggak. Gue mengalaminya. Di keluarga, gue adalah org yang keras alias susah dikasih tau. Kalo kata Bi Ida mah, adik emak gue, gue bisa dibilang termasuk golongan anak autis. Hehe. Eh, beneran… Gue itu orangnya suka asik sendiri. Mau orang rumah ngomong ini kek itu kek, gue mah lempeennnggg wehh (cuek aja-red). Gag baik sih, jd tdk pantas ditiru ini mah. Tapi, tanpa terasa apa yang gue jalanin sekarang adalah *kurang lebih yhaa* adalah tiruan dari apa yang sudah emak dan bokap gue lakukan selama ini.

The best one adalah keahlian gue dalam beberes! Yappyappyappp! Gue sangat melankolis alias perfeksionis dalam hal beberes! Meski kaleng kerupuk menceng dikit, gue selalu geli untuk meluruskannya. Yhaa walaupun di mata emak dan bokap gue, gue belum ada apa-apanya tapi gue cukup unggul dalam hal ini dibanding temen-temen gue yg lain. Gue pun gatau kenapa. Padahal dulu gue bukan org yg seperti ini.

Yhaa gimana enggak, tiap hari gue liat bokap gue, bebereeeessss terus! Nyapu jalanan lah, nyuci lah, jemur baju lah, pokoknya ga bisa diem dehh! Walaupun ga se-bersungguh-sungguhnya bokap gue dlm hal beberes, tapiii gue sudah bisa mengiyakan quotes tadi, anak bukan pendengar yg baik tapi peniru yang ulung! *nyari excused aja ini mah,hehe*

Sering gue ngobrol ama d jambals ttg hubungan antara orang tua dan anak. Intinya adalah, anak yha emg produk orang tuanya. Mau protes dgn kelakuan anak? Tahan dulu, siapa tau sebenarnya kita tanpa sadar lebih dulu mencontohkannya pada anak. Sehingga tanpa sadar anak pun menirukannya. Apalagi anak yang bener-bener masih bocah.

Kayak gini deh,

Anak : Mah, bawain aku botol susu dong di meja deket TV!


Ibu : Bawa sendiri dong nak! Kan adek bisa bawa sendiri.. Ayo! Berlatih! Kalo adek bisa ngerjain sendiri jangan suruh-suruh orang dong..
*berniat melatih anak untuk mandiri*

Anak : Ah mama! Mama juga suruh-suruh mbak. Papa juga suka suruh-suruh mama! Masa aku gag boleh nyuruh-nyuruh mama juga??


JTANG!

Nah lo! Jangan langsung ngejudge kalo anak itu kurang ajar lho. Abis mau gimana lagi, emang dicontohinnya gitu. Iyya gag?? Makanya kudu ati-ati kalo bertingkah di depan anak mah.. bisa senjata makan tuan.

Anak itu daya mengamatinya tinggi. Liat Umminya rajin ngaji, pasti anaknya juga ikut hobi ngaji. Liat Abinya kerja keras dalam segala hal, anak pun akan dengan sendirinya termotivasi seperti itu.

Asalkan sebagai orang tua kita harus sabar… *berasa iya ajaa gue udah jadi orang tua?! menjiwai tulisan mode ON, hahaha…*

utuh proses yang teramat panjang untuk ngedidik yang namanya anak. Ilmu gag akan pernah cukup! Jadi sebagai orang tua kita kudu sabar dan menghargai setiap perubahan yang baik walaupun gag cukup signifikan. Namanya juga membentuk manusia, ngukir pohon jadi meja dgn ukiran yang super indah aja butuh waktu yang lama. Tapi itu worth it lhaa, karena apa yang kita udah lakukan secara sabar dan ikhlas akan membuahkan hasil, yaitu anak dgn harga jual tinggi!! Lho kog jadi dijual??? Haha, engga cuma analogi ajaa..

Jadi, ada satu hal yang bisa gue ambil dari sini dan mungkin bisa jadi bekal hidup untuk temen-temen yang lagi baca. Ketika kita ingin mendoktrin sesuatu hal sama orang, hal yang paling baik adalah memberikan keteladanan (contoh) terlebih dahulu. Secara perlahan, orang yg bakal kita racuni akan teracuni juga sama pola pikir yang ingin kita dogmakan *d-ohh kog jadi serem gini bahasanya*

okeiokei.

Jgn yang serem ah, gini deh, mungkin quotes talk less do more lebih bisa menggambarkan apa yang ingin gue sampaikan. Jadi lakukan apa yang terbaik yang bisa kita lakukan, lama-kelamaan juga publik menilai dan ngeh ttg pesan yg ingin kita sampaikan, asalkan tulus! Berdakwah dgn perbuatan adalah hal yang paling indah. Efeknya buat dua belah pihak.

Jangankan anak-anak deh, kita aja yang udah gede masih susah untuk lebih memfungsikan telinga dari pada mulut dan mata. Iyaa gag???

So, gimana dengan temen-temen yang *terimakasih lho* sudah asyik baca?? Punya pengalaman yang bikin lo mengiyakan quotes yg tadi?? Just share!

::achiiLOVESbeberes::

2 cuapp pengunjung:

j a j e mengatakan...

dah cepet nikah sana..

uda siap lu cii.. hahaha.
wahh kyny anak lo siap banget deh jadi seseorang yg akan lurus selalu.. wahh apa anak gua di titipin ke lo aja ya biar bagus? haaha.

achiisurachii mengatakan...

beuhh.
lo kata gampang apa nikah..
calonnya aja belum ada.
dan gue jadi mendadak ga mau nikah skrg skrg jaa!
tapi kalo punya anak mau dehh, hehehehehehe...